Kajian kamis Malam di Fonispa

Malam itu, tak banyak peserta yang hadir di Asrama Fonispa(Forum Nisa’ SPA). namun, hal itu tak menyurutkan makna dari kajian tersebut. Kajian malam itu dimulai setelah sholat ‘Isya.

Seperti biasa, yang memberi tausiyah adalah Tuan Rumah, maka pada kesempatan itu yang memberi tausiyah adalah ketua Asrama FONISPA, Ustadzah Ningsih. Beliau merupakan Alumnus UIN Sunan kalijaga Yogyakarta, saat ini berprofesi sebagai salah satu guru di SDIT Saman Alfarisi Klebengan Yogyakarta.

pada kesempatan itu, ustadzah Ningsih menyampaikan bahwa sebagai seorang pendidik hendaknya kita menamkan pemahaman kepada anak didik kita bahwa belajar adalah sebuah kebutuhan. Bila hal ini sudah ditamkan kepada anak sejak dini, anak akan paham hakikat belajar yang sebenarnya. belajar bukan hanya sekedar mendapat nilai bagus. Belajar bukan hanya sekedar lulus ujian. Akan tetapi belajar adalah ketika anak-anak dapat mengetahui sesuatu yang benar-benar ingin ia ketahui.

Dengan menanamkan belajar sebagai kebutuhan bagi anak, secara tidak langsung kita akan mengarahkan anak untuk mencapai cita-cita nya karena anak akan belajar sesuatu tentang cita-cita nya itu dengan enjoy tanpa paksaan dari siapapun.

Ustadzah Ningsih juga menyampaikan hendaknya sebagai seorang guru juga mengusai perkembangan Teknologi. dengan adanya akses informasi yang mudah membuat pengetahuan anak-anak menjadi tak terbatas. Secara otomatis anak-anak akan bertanya tentang hal-hal baru yang didapatnya tersebut. Sebagai sseorang guru yang baik tentu kita juga harus dapat menjawab pertanyaan itu dengan baik pula.

Dan, kita juga harus menanamkan aqidah, ibadah, dan akhlak dengan memberikan contoh pada kehidupan sehari-hari. Hal ini membuat anak-anak akan lebih mudah memahami konsep aqidah, ibadah dan akhlak tersebut.

Nah.. itu tadi intisari kajian Kamis malam tanggal 17 Maret 2011 yang lalu. sampai jumpa di pertemuan berikutnya…..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: