SPA PEDULI “Bakti Sosial di Watu Adeg”

Awal tahun 2011, tepatnya tanggal 1 januari 2011, yayasan Silaturahim Pecinta Anak-anak (SPA) mengadakan acara bakti social (BAKSOS) di daerah watu adeg, cangkringan, sleman. Acara ini awalnya di gagas oleh teman-teman yang merasa bahwa bantuan di posko SPA Yogyakarta masih banyak yang belum disalurkan. Bantuan yang paling banyak diterima adalah dari Bekasi, yang dibawa oleh pak zailany mewakili karang Taruna daerahnya. Lokasi di watu adeg dipilih karena ada permohonan bantuan yang masuk ke yayasan.

Tanggal 1 januari 2011 pagi-pagi teman-teman dari SPA peduli sudah berangkat ke kantor yayasan. Setelah semua persiapan dirasa siap, dan semua personel sudah lengkap, tim berangkat menuju lokasi. Perjalanan kali ini, menggunakan 3 mobil untuk membawa semua bantuan. Bantuannya berupa sembako, baju, dan sarana kegiatan belajar TPA. Dari kantor SPA, Tim berangkat jam 8.30

Fose di depan kantor SPA sebelum action

Fose di depan kantor SPA sebelum action

Jam 09.00 WIB TIM SPA peduli tiba di lokasi. Ternyata kedatangan Tim sudah disambut warga Watu Adeg. Tak lama kemudian, acara dimulai. Ternyata dari warga sendiri mengadakan acara silaturahim dan temu kangen pasca erupsi merapi. Hal ini dikarenakan, waktu merapi erupsi warga mengungsi kerumah saudaranya masing-masing. Antara anak-anak dan orang tua, tempat pelaksanaan acara terpisah. Para orangtua mengikuti acara di masjid Nurul Huda Watu adeg. Inti dari acara para orang tua adalah pengajian. Pada kesempatan kali ini, pengajian diisi oleh ustad puji. Pengajian tersebut intinya adalah mengajak masyarakat untuk semakin taat beribadah dan menghimbau masyarakat akan bahaya pemurtadan yang biasanya marak pasca bencana.

Ternyata setelah ustad puji selesai memberikan tausiyahnya, beliau mempersilakan ustad makhroji (temannya ustad puji dan salah seorang trainer SPA Yogyakarta, red) untuk memberikan pengajian “ra ngiro” (tak disangka). Kontan saja semua hadirin tertawa, pasalnya ustad makhroji memang tidak dijadwalkan untuk memberikan tausiyah. Ternyata setelah beliau maju, banyak para hadirin yang suka dengan gaya ceramah beliau. Sungguh cara ke dua ustad berpengalaman itu menyampaikan materi sungguh memukau. Jamaah dibuat tidak bosan ketika mereka berceramah. Humor-humor ringan namun bermakna kerap keluar dalam ceeramah mereka. LUAR BIASA…..

ustad makhroji

ustad makhroji

Di lokasi yang berbeda, anak-anak sedang asyik mendengarkan dongeng yang disampaikan oleh kak aris. Pendongeng yang satu ini kerap tampil mengisi acara dongeng anak di sejumlah tempat di sejumlah daerah. Gaya dongeng nya khas gaya SPA. Sangat menghibur dan membuat anak-anak melepaskan tawa di wajah mereka. Subhanallah.. Sungguh pemandangan yang indah. Melihat anak-anak itu ceria membuat hati ini juga ikut ceria..

Kak Aris Pahlawan bertopeng

Kak Aris Pahlawan bertopeng

Tak hanya itu, anak-anak juga sangat senang karena setelah mendengarkan dongeng, anak-anak bisa membaca buku yang dibawa Mobil Pintar (BINTAR) SPA yang hari itu adalah launching pertamanya. BINTAR merupakan salah satu terobosan SPA Yogyakarta untuk memajukan pendidikan di negeri ini. Dengan BINTAR anak-anak yang dikunjunginya bisa membaca buku yang menurut anak-anak itu menarik. Dan bisa mendapatkan ilmu pengetahuan dari buku-buku tersebut.

BINTAR SPA

BINTAR SPA

Setelah selesai baksos, kami pergi menuju daerah yang lebih dekat dengan puncak merapi. WOW.. luar biasa, penungjungnya ternyata sangat ramai. Jalanan yang sempit itu dipadati ratusan kendaraan yang akan peergi ke tujuan yang sama. Daerah itu terkenal dengan WATU TEMANTEN yang ada setelah erupsi besar gunung merapi.

watu temanten

watu temanten

Astaghfirullahal’adzhim.. material merapi membenamkan desa itu. Bayangkan saja, pasir merapi membenamkan rumah dan SD disana. Tingginya mencapai 1,5 meter. Pohon-pohon tumbang dan mati. Rumah-rumah disana juga hancur. Pasirnya pun masih panas dan mengeluarkan asap. Dan dari dalamnya terdengar suara seperti air mendidih. Sungguh pemandangan yang cukup mengerikan. Sepertinya ini merupakan daerah aliran material merapi. Inilah tanda kekuasan Nya. Sebuah tanda agar manusia jangan pernah merasa sombong dan melupakanNya. Semoga dengan melihat pemandangan ini bisa membuat diri kita untuk selalu ta’at kepadaNya.

Terimakasih kepada seluruh pihak yang telah mempercayakan SPA Yogyakarta untuk menyalurkan bantuannya kepada korban Erupsi merapi. Ayo BAKSOS selanjutnya kemana… insyaallah akan dapat pengalaman baru yang menyenangkan. Buat temen-temen semua, SALUUT buat partisipasinya. Moga amal teman-teman mendapatkan balasan yang lebih dari Allah SWT. AMIIIIN YAA ROBBAL ‘ALAMIIN.

oleh :suryana Wijaya

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: