Pada Hari Kematian Sang Pendongeg

Kamis, 30 April 2009, saya buka facebook. Ada yang mengejutkan, ketika beberapa teman di dunia maya mengabarkan bahwa Pak Harwanto meninggal pada hari itu, setelah operasi usus buntu kronis di JIH. Yang membuatku heran, ada mahasiswa UGM yang nanya di forum Facebook itu, “Harwanto siapa tho?” Hah, hari gini anak UGM gak kenal Harwanto Dahlan? Aduh…!

Yang jelas, yang aku ingat selalu adalah selera humornya yang tinggi. Makanya beliau adalah salah satu pendongeng favorit saya di SPA era 1990-an dulu. Apalagi jika beliau duet dengan Pak Jumadi, wah, pasti seru sekali dongengnya.

Selang berjalannya waktu, aku masih sering melihat Pak Har tampil, baik di teve ataupun di media cetak, sebagai analis politik. Saya selalu bilang sama istri, bahwa aku kenal sama Pak Har. Dulu aku sering menjadi panitia, yang membawa Pak Har kemana-mana untuk acara Safari Dongeng. Dengan Ahsin, Slamet Untung, Iis Zainul Mukhlisin, dan anak-anak SPA seangkatanku.

Yang aku salut dari Pak Har, beliau orangnya egaliter. Tidak peduli siapa yang meminta untuk mengisi acara, beliau pasti mau. Juga murah senyum. Saya agak sulit menemukan profil pendongeng yang seperti Pak Har di SPA sekarang.

Selamat jalan Pak Har. Semoga Tuhan menerimamu dengan penuh kasih. Doa kami mengiringimu selalu, dari anak-anak SPA.

Gus Broer, http://www.gusbroer.wordpress.com

2 Tanggapan

  1. Kapan ditulis, matinya si Tukang Nyindir yang sok suci belum di tulis?

    • yang merasa tersindir tidak usah sewot. karena bgitulah budaya kami memuliakan orang2 kami yg mendahuli kami. sebutlah kebaikan2nya. anda juga akan mengalami hal yg sama, jika anda orang SPA. sayangnya, kami baru tahu ada orang SPA bernama seperti anda. dalam budaya SPA, kita terbuka, baik atw jelek, kita ungkapkan, baik langsung atw tidak langsung (nyindir).

Tinggalkan Balasan

