Pelatihan guru RA,BA dan TA DEPAG Magelang

Hari sabtu dan Ahad lalu, LPP Bina Insan Tama bersama tim kreatifnya diundang oleh depag magelang untuk mengisi pelatihan guru RA (Raudhatul Athfal red.), BA (Bustanul Athfal red.) dalam rangka peningkatan kualitas guru-guru tersebut. Bertempat di Hotel Borobudur Magelang pada tanggal 11 – 12 april.
Selama dua hari tersebut peserta diberikan 2 materi yang sudah tidak asing lagi bagi guru RA & BA, yaitu teknik mengajarkan anak menggambar dan mencipta lagu anak. Namun seperti biasa, Trainer – tariner tersebut adalah Tim kreatif dari SPA mempunyai cara yang unik dalam menyampaikan materi, sehingga materi – materi tersebut sperti terlihat baru bagi para peserta. Para peserta terlihat sangat antusias dalam mengikuti pelatihan tersebut.
Pada hari pertama (Sabtu, 11 April 2009 red.) materi yang didapat peserta adalah teknik mengajarkan anak menggambar. Materi ini disampaikan oleh kak Andi ”Pensil Terbang”. Kak andi yang juga mempunyai usaha lilin hias ini mengawali pertemuan siang itu dengan menyampaikan kritisi terhadap ”guru-guru” yang menyukai gambar konvensional. ”Guru-guru kita sekarang lebih menyukai anak-anak menggambar 2 gunung, jalan dan pemandangan yang membosankan lainnya, jika anak menggambar selain itu, gambar anak tersebut dinilai aneh dan tidak layak mendapat nilai tinggi. Padahal imajinasi anak-anak sangatlah luas” begitu kata kak Andi. Pada kesempatan saat itu diajarkan juga bagaimana cara untuk ”memancing” imajinasi anak agar dapat mereka ekspresikan ke media gambar, teknik menggambar bentuk dari dasar dan lain-lain. Guru-guru RA tersebut tidak hanya mendengarkan materi tetapi juga mempraktekan langsung teknik-teknik gambar yang mereka dapatkan dari kak Andi. Gambarnya ternyata juga dikumpul lho!. Dan di akhir pertemuan, kak Andi memberikan satu kenang-kenangan untuk guru RA yang menggambar paling bagus.
Hari kedua pelatihan diisi oleh Kak werdi. Dia adalah seorang Trainer SPA yang punya bakat lebih dibidang musik. Selain berprofesi sebagai guru, saat ini dia juga mengampu sanggar SALAMA di SPA. Kak werdi yang juga dikenal dengan nama Werditaro Hiawata ini merupakan alumnus jurusan seni musik UNY. Materi yang disampaikan yaitu “menciptakan lagu anak”. Pada kesempatan itu, Kak Werdi terlebih dahulu menyampaikan kepada seluruh peserta pelatihan tentang musik secara umum. Hingga akhirnya mengkerucut menjadi menciptakan lagu anak. Pada kesempatan itu, para guru RA,TA dan BA yang menjadi peserta diasah kreativitas dan kemampuan musikal nya. Pada kesempatan ini juga diberikan sebuah doorprize untuk seorang peserta terbaik.

s4020110

2 Tanggapan

  1. apakah semua ustadz bisa ikut pada setiap agenda.? saya harap dibuka untuk umum, dikarenakan masih banyak calon-calon ustadz/zh yang masih butuh bimbingan….
    terimakasih…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: