DEKLARASI

GERAKAN MEMBANGUN WATAK BANGSA MELALUI CERITA

Bismillahirrahmanirrahim.

Dengan menyebut nama Allah yang Maha Pengasih dan Penyayang,

Pada hari ini, kami segenap komponen bangsa yang peduli pada kejayaan bangsa ini di masa depan

dengan mengingat bahwa cerita memiliki pengaruh yang kuat dalam membangun watak manusia, maka dengan ini kami membulatkan tekad untuk melakukan gerakan yang kami sebut Gerakan Membangun Karakter Bangsa melalui Cerita. Gerakan kami fokuskan untuk;

1. Mengajak dan menghimbau seluruh komponen bangsa untuk menghidupkan kembali budaya cerita dan atau mendongeng di keluarga, sekolah dan berbagai forum di seluruh pelosok negeri sebagai sarana pembentuk watak utama generasi bangsa.

2. Memilih dan memilah dengan cermat berbagai cerita, dongengatau legenda hanya yang benar-benar dapat dipertanggungjawabkan secara moral dalam pembentukan watak utama.

3. Mengupayakan pelegendaan cerita-cerita baru yang lebih berbobot dan mengarah pada terbentuknya watak utama.

4. Mengadakan sosialisasi dan berbagai kegiatan lain seperti seminar, festival, lomba, pemberian penghargaan, workshop, pelatihan dsb. dalam rangka mendukung gerakan ini.

5. Melalui potensi dan atau kewenangan masing-masing melakukan upaya konkret dan berkesinambungan untuk menyukseskan gerakan ini.

Semoga Allah SWT meridlai gerakan ini. Amien.

Yogyakarta, 11 Januari 2009

Atas nama;

Ketua Yayasan SPA: RUA Zainal Fanani, MM.Prac.

Ketua KPBA: Dr. Murti Bunanta, SS., MA

Walikota Yogyakarta: H. Herry Zudianto

Ketua DPRD Kota Yogyakarta: Arif Noor Hartanto, SIP.

Badko TKA/TPA DIY

Ka. Kantor Arsip & Perpustakaan Daerah Kota Yogya: Dra. Sri Sulastri

Dokumentasi Acara:

DEKLARASI DONGENG YOGYAKARTAdsc00040dsc000501dsc000621dsc000651dsc000691

3 Tanggapan

  1. Selamat selamat. Semoga SPA tetap jaya di udara..

  2. Salut buat teman-teman yang rajin berkarya apa saja, termasuk buat even-even besar, atau karya besar lainnya. Cuma nih godaannya satu, merasa dirilah yang mengusahakan, melaksanakan itu semua, sehingga kemulyaan jiwa yang sesungguhnya dituju menjadi samar, tersaput kesombongan (yang kadang haluus sekali), keserakahan (yang sering kali juga halus).
    Tandanya gampang, kalau masih ada kejujuran yang dipertanyakan, kesantunan yang kasat mata, harga diri yang tergadaikan demi materi, pihak lain yang merasa terdhalimi, rasanya perlu untuk terus berguru kepada yang lebih suci agar sama-sama ketemu Sang Maha Suci yang Sejuk Teduh Damai tanpa kebohongan sama sekali. Hakiki

  3. Terimakasih atas komentarnya yang membangun dari “kembangteratai” semoga pujian yang diakhiri kata santun “cuman” semakin menyemangati kami para pegiat di Yayasan SPA ini untuk terus berkarya dengan Ikhlas yang tetap mengacu dari Visi dan Misi kami.
    Yang “Pasti” Yayasan SPA adalah milik Ummat Muslim dan bukan milik personal ataupun golongan ormas tertentu yang tentunya tetap berusaha untuk beretika dan berperilaku sebagaimana yang diajarkan Islam dalam bersikap kepada sesama muslim.
    Alangkah Indahnya apabila kita terlebihdahulu mempertanyakan tentang kejujuran dirikita sendiri untuk bisa saling terbuka dan saling menghormati, Insya Allah. Semoga Allah, meridlai kita. Amin
    AB 4 NK

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: