Profil TK Mutiara

PLAY GROUP & TK ISLAM PLUS MUTIARA YOGYAKARTA

Menjadikan anak CAKAP, MANDIRI, PERCAYA DIRI.

Sekolah kereta api ?? yah… itulah sekolah play group dan TK Islam Plus mutiara, yang memiliki lokasi 5 meter kali 200 meter. Terbentang memanjang mewah (mepet sawah), dengan angin sepoi-sepoi dan pemandangan sawah yang alami dan indah menjadikan anak enggan pulang sekolah. Memang unik, sekaligus menarik untuk menjadi lahan eksplorasi kreativitas yang tiada habisnya.

 

 

“Sebagai lembaga yang masih awal , belum ada tiga tahun, Playgroup & TK Islam Plus Mutiara telah menunjukkan prestasi dan perkembangan yang luar biasa, jauh melebihi lembaga lain seusianya…… “ Puji salah seorang pengawas TK saat mengunjungi persiapan akreditasi. TK Mutiara memang baru selesai melaksanakan akreditasi, tanggal 10 November 2007 untuk menjamin kualitas pendidikan dan standard layanan. TK Mutiara juga senantiasa melakukan inovasi di berbagai bidang, agar mampu menyesuaikan diri dengan laju perkembangan ilmu pemetahuan dan teknologi.

 

Playgroup & TK Islam Plus Mutiara yang beralamat di Manggisan Baturetno Banguntapan Bantul Yogyakarta masih terbilang muda. Tepatnya diresmikan pada tanggal 05-05-2005. Namun untuk kegiatan dan lomba-lomaba, TK Mutiara layak diperhitungkan karena di hampir setiap kegiatan lomba selalu ada yang meraih juara. Bahkan Porseni tahun 2007 ini mewakili maju di tingkat propinsi untuk jenis lomba lukis, dan salah seorang guru mewakili lomba MTQ. Semua itu tidak lepas dari visi lembaga yang kuat, program kurikulum yang dirancang sedemikian rupa, serta kepiawaian dan militansi bapak ibu guru yang relatif masih muda-muda. Demikian penjelasan dari Hibana Yusuf, S.Ag.,M.Pd. selaku kepala sekolah.

 

Plau Group & TK Islam Plus mutiara memiliki semboyan CAKAP, MANDIRI & PERCAYA DIRI. Cakap, berarti anak mampu mengembangkan diri sesuai dengan tugas perkembangannya, serta anak mampu membaca Quran dan koran. Mandiri, berarti anak mampu melayani dirinya sendiri tanpa bergantung kepada orang lain. Percaya diri, berarti anak mampu mengembangkan diri dan aktualisasi diri tanpa ada hambatan psikis. Tiga hal tersebut dicapai melalui berbagai kegiatan, baik intra kurikuler maupun ekstra kurikuler.

 

Kurikulum yang diterapkan di TK Mutiara mengambil dari kurikulum pendidikan Nasional dan kurikulum Departemen agama yang kemudian diolah lagi oleh tim khusus. Guna mendukung pencapaian tujuan pendidikan, ada berbagai kegiatan ekstra kurikuler yang dikembangkan di TK Mutiara, yaitu melukis, menyanyi, menari, membaca Iqro’, membaca abjad, sempoa, komputer kids, drum band dan renang. Kegiatan ekstra disediakan bagi anak agar mereka mampu mengembangkan diri dengan berbagai pilihan.

Kekhasan sekaligus keunggulan yang ada di TK Mutiara nampak pada karakter anak yang lebih mandiri dibanding dengan teman seusianya. Juga kegiatan religius anak yang dibiasakan setiap hari di sekolah, mulai dari mengucap salam, membaca doa, perilaku sopan santun sampai pada pelaksanaan sholat setiap hari. Selain itu juga perpustakaan dengan koleksi lebih dari 2000 buku untuk anak dan orang tua, menjadikan keseharian anak dekat dengan buku.

 

Seiring perkembangan pendidikan anak yang semakin pesat, Playgroup & TK Islam Plus mutiara terus mengembangkan diri dan berkreasi di bawah Yayasan Mutiara dengan komandan Susilo Surahman, S.Ag.,M.Pd. (Alumni/Sesepuh SPA).

Semoga meraih sukses dalam ridho Allah, amin.

7 Tanggapan

  1. Terima kasih Bu Hibana naskah profilnya, tapi rasanya kurang lengkap kalau tidak ada fotonya. kami tunggu fotonya. maturnuwun

  2. wah makin rame juga pengunjung blog spa, sekarang kak bimo punya web blog juga lho http://kakbimo.wordpress.com

  3. Ass. wr wb.

    Mau tanya kenapa TK/RA di akreditasi ?
    Apa setiap TK/RA wajib di akreditasi ?
    Hasil akreditasi berupa apa ? nilai ?
    kalau berupa nilai , apabila nilainya jelek,
    apa ada akibatnya buat sekolah ?

    wassalam

  4. […] TK Islam Al Ikhlas 2. TK Strada 3. TK Bina Insani 4. TK Mutiara 5. KBI-TK Hidayatullah 6. TK Malaganti 7. TK Bani Hasyim 8. TK Labschool 9. KBI Pelangi Anak 10. TK […]

  5. UNDANGAN

    Dengan hormat,
    Kami, IKATAN MAHASISWA ILMU KOMUNIKASI INDONESIA (IMIKI) Cabang Yogyakarta mengundang Bapak/ Ibu Guru Taman Kanak-Kanak (TK) dan Sekolah Dasar (SD) untuk hadir dan berpartisipasi dalam talkshow “Memilih Tontonan Sehat untuk Anak” yang diadakan pada:
    hari/tanggal : Minggu, 15 Februari 2009
    waktu : 12.00-14.00 WIB
    tempat : halaman dalam Benteng Vredeburg, Yogyakarta
    HTM : Rp 2.000,00/orang (untuk rombongan min. 20 orang akan mendapatkan diskon tiket masuk)
    Talkshow ini diselenggarakan atas kepedulian IMIKI Cabang Yogyakarta akan tingginya dampak negatif dari televisi terhadap anak-anak. Dampak tersebut mulai dari ketagihan menonton televisi, emosi anak jadi mudah terpancing, anak lebih cepat dewasa, bahkan ada yang sampai menimbulkan kematian gara-gara menonton adegan gantung diri pada layar kaca. Hal tersebut dikarenakan:
    – Banyak acara ditujukan untuk anak, tapi mengandung adegan yang tidak pantas disaksikan anak atau tidak mudah dipahami anak
    – Banyak acara untuk anak yang sebenarnya bukan acara untuk anak
    – Banyak acara dewasa dengan adegan yang tidak pantas ditonton anak-anak, namun disajikan pada saat anak menonton

    Maka dari itu kami berharap Bapak/ Ibu bersedia menginformasikan perihal acara ini kepada para murid, orangtua murid, guru, maupun pihak-pihak lain yang berkepentingan.
    Demikian undangan dari kami. Atas partisipasi Bapak/ Ibu, kami mengucapkan terima kasih.

  6. TERIMA KASIH INPONYA SANGAT BAIK SEKALI

  7. Yth bapak/ibu pengajar Tk mutiara..
    sy mau nanya,,
    1. apakah TK mutiara menerima anak autis??
    2. apakah TK mutiara itu khusus yg beragama islam,,
    soalnya sy kristen,
    apakah anak sy ( Autis )bisa diterima di TK mutiara?
    klo bisa kapan mulai pendaftarannya.
    tlg penjelasannya,,
    trimakasih sebelumnya

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: