Pelatihan Metodologi Iqra’ di Assalaam

PPMI Assalaam mengadakan pelatihan Metodologi Iqro’ yaktu cara mengajarkan membaca AL-Qur’an dengan baik dan benar sesuai kaidah tajwid, lancar dan fasih serta cepat, ahad, 15/6. Bekerja sama dengan Balai Litbang LPTQ Nasional Team Tadarus AMM Jogjakarta dan YPDP SPA Pelemkecut CT Depok Sleman Yogyakarta, pelatihan ini diikuti oleh sekitar 50 peserta, dari unsur guru, santri dan ta’mir masjid sekitar PPMI Assalaam serta masyarakat umum yang memiliki kepedulian terhadap pengajaran baca Qur’an.
Santriwati peserta berpose dengan para Nara Sumber
Sebaik-baik kalian adalah yang belajar Al-Qur’an dan mengajarkannya. Demikian hadits Rasulullah seperti disampaikan oleh ketua panitia pelatihan Ust AR Sugeng Riyadi dalam sambutannya membuka pelatihan tersebut. ‘Belajar Qur’an tidak hanya belajar membacanya, tapi juga mempelajari kandungannya, tafsirnya dan sebagainya plus pengamalannya’ lanjutnya.

Tidak Hanya Face to Face, Tapi Bir to Bir

Sebagai pemateri adalah Ust Evan Riyanto Arifin dari Team tadarus AMM Jogjakarta, yang hanya bisa hari ini beliau bisa mengisi meteri pelatihan ini. Dari jadwal yang direncanakan bulan Mei kemarin, karena terbentur dengan acara wisuda santri kelas VI, maka pada hari ahad inilah beliau memiliki waktu luang dan bersedia memberikan materi pelatihan tersebut.

Materi disampaikan dengan serius tapi santai, bahkan dengan diselingi canda tawa, karena dalam pelatihan ini, peserta adalah yang sudah bisa membaca Al-Qur’an.

“Kelebihan metode Iqro’ adalah disamping bersifat prifat, face to face, sehingga kedekatan dengan santri bisa akrab, juga bersifat bir to bir, artinya bibir dengan bibir”

Dengan demikian bisa diketahui bagaimana ekspresi anak ketika melafalkan huruf, mecucu, meringis, atau mlongo.

Sessi siang selepas sholat Dhuhur diisi oleh Pak Gani, sang pakar yang lucu tapi layak digugu. Hampir selama 2 jam, Pak Gani memaparkan seluk beluk seputar BCM (Bermain, Cerita dan Menyanyi). Presentasi Pak Gani diakhiri dengan penayangan sebuah video ‘You CAN’ yang menampilkan para manusia cacat fisik tetapi mampu meraih prestasi kelas Dunia. Dan penutupnya adalah menyanyi bersama, lagu gubahan beliau tentang Taat dan Patuh ke orang tua…
Pak AR menyerahkan cindera mata ke Pak Gani
Menurut rencana pelatihan ini hanya satu hari, dan akan berakhir pada jam 17.00, namun alhamdulillah tepat adzan Ashar acara ini sudah bisa diakhiri. Dan Assalaam menyerahkan kenang2an kepada para nara sumber.

About these ads

5 Tanggapan

  1. assalamu’alaikum …….
    semoga kesuksesan senantiasa mengiringi setiap langkah kita.amin
    http://www.mizandiansemesta.wordpress.com

  2. Assalaamu’alaikum warahmatullaahi wabarakaatuh
    Sangat senang sekali atas sambutan dan pelayanan dari penyelenggara, yang sangat terkesan sekali, pada saat saya mengikuti shalat Dzuhur dan Ashar berjamaah di masjid, antara Adzan dan Iqamah jaraknya agak lama, dan keuntungannya jamaah bisa melaksanakan shalat sunnat tahyatul masjid dan rawatib. Setelah Iqamah sang Imam tidak langsung mengimami tetapi tetap menunggu dan mengajak para santrinya yang datang terlambat.
    Subhanallah, itulah salah satu bentuk kesabaran dalam melaksanakan shalat.
    Semoga dijadikan pelajaran yang baik bagi kita semua. aamiin

  3. tetap semangat bahagikan anak-anak!!!!!!!!!Allahu akbar!!!!

  4. bagus metode pembelajaran iqro’. harap ditularkan di solo. di tpa al
    hamida

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: